Sejarah Singkat Desa Jatisela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat

  • Jan 12, 2021
  • Admin Desa Jatisela

Jatisela merupakan sebuah desa hasil pemekaran dari desa induk yaitu Sesela. Sebagai sebuah desa yang merupakan pecahan dari induknya, memiliki karasteriksik yang tidak jauh berbeda dengan desa induk walaupun tidak sama. Sesuai hasil musyawarah LMD pada tanggal, 17 Juli 1998 yang diperkuat dengan Keputusan Gubernur Nomor 2 Tahun 1999 tanggal 27 Februari 1999 Jatisela resmi menjadi sebuah desa persiapan. Dan sejak dikeluarkannya Keputusan Gubernur Nomor 283      tahun 2000 tanggal 15 Maret 2000 maka Jatisela resmi menjadi sebuah desa yang definitive dan diberikan kewenangan mengelola pemerintahan desa.

Semangat pendirian sebuah desa tentu tidak terlepas dari keinginan mempercepat pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan. Oleh karena itu, maka sejak berdirinya Desa Jatisela terjadi suatu dinamika semangat masyarakat untuk melaksanakan misi itu. Semangat itu tercermin dari perubahan kepemimpinan yang telah berlangsung 7 (tujuh) kali selama ini. Dan perubahan itu diharapkan dapat mengakselarasikan pembangunan di Desa jatisela.

Pada awal pemekaran, jatisela memiliki 4 wilayah dusun dengan luas wilayah 261, 0 Ha. Saat ini jumlah dsusn sudah 5 dusun yang merupakan juga hasil pemekaran dusun.